Kanker Prostat Ancaman untuk Pria

kanker-prostat-ancaman-untuk-pria
Tak asing rasanya mendengar istilah kanker prostat. Kanker prostat merupakan momok yang menakutkan bagi kaum pria, karena kanker jenis ini menyerang kelenjar prostat yang merupakan bagian penting dari organ reproduksi pria. Lebih dari 65 % kejadian kanker prostat terdeteksi pada pria berusia diatas 65 tahun. 

Selain itu pria dengan anggota keluarga terdekatnya terkena kanker prostat memiliki resiko terkena kanker prostat dua kali lebih besar daripada yang tidak. Resiko ini akan meningkat bila anggota keluarganya tersebut didiagnosa kanker prostat pada usia lebih muda (kurang dari 55 tahun). 

Biasanya kanker prostat bermula dari pola hidup dan kebiasaan yang disepelekan pria ketika masih muda yang tak seimbang. Salah satu faktornya adalah akibat kerja. Mengangkat beban yang berlebihan sehingga mengakibatkan tekanan dibagian bawah perut, kemudian jarang mengkonsumsi air putih serta penggunaan minum-minuman suplemen sebagai penambah energi merupakan bagian dari penyumbang terjadinya kanker prostat.

Kanker prostat adalah petumbuhan sel yang cepat dan tidak terkontrol pada prostat. Prostat adalah kelenjar yang terdapat dibawah kandung kemih pria. Kelenjar prostat menghasilkan sitrat dan glukosa yang penting bagi  kehidupan sperma. Selain itu, kelenjar prostat juga menghasilkan cairan yang keluar bersama sperma ketika terjadi ejakulasi. Karena letaknya yang mengelilingi pangkal saluran kemih (uretra) yang tertelak dibawah kandung kemih, maka jika kelenjar prostat membengkak, kelenjar prostat dapat menekan saluran kemih sehingga air kencing menjadi tidak lancar atau bahkan tersumbat.
Beberapa gejala yang sering timbul dari kanker prostat sebagai berikut :
  1. Sering kencing dimalam hari
  2. Urin yang menetes, urin atau air seni yang tidak dapat ditahan sehingga perlahan-lahan menetes atau keluar sendiri
  3. Sulit ereksi, tumor prostat bisa saja menyebabkan aliran darah ke penis yang seharusnya meningkat saat terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga susah ereksi. 
  4. Keluar darah saat berkemih, biasanya darah yang keluar hanyalah sedikit, samar-samar atau bahkan hanya berwarna merah muda namun kadangkala infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan gejala ini. Jadi jangan mengabaikan gejala ini.
  5. Nyeri dibagian punggung bawah, panggul atau paha Nyeri yang dtimbul pada bagian tersebut sering kali merupakan efek kanker prostat yang menyebar kewilayah sekitar area kemaluan. Nyeri yang sukar dijelaskan pada bagian ini merupakan indikasi awal adanya gangguan pada penis.
  6. Sulit kemih dan nyeri ketika berkemih. Gejala ini muncul sebagai akibat membesarnya kelenjar prostat yang ada disekitar saluran kemih karena ada tumor didalamnya sehingga mengganggu proses berkemih.
  7. Sulit BAB dan masalah saluran pencernaan lainnya, Sulit BAB yang terus menerus terjadi bisa menyebabkan pembesaran prostat karena terjadi tekanan pada kelenjar secara terus-menerus. 

Semua gejala diatas banyak dirasakkan oleh para pria lansia. Kebanyakan mereka yang merasakannya hanya terkena pembesaran prostat non-kanker. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk memastikannya. Untuk mengetahui secara dini adanya kanker prostat, pria dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara teratur setahun sekali berupa :

Pemeriksaan fisik : Digital Rectal Examination (DRE) atau pemeriksaan colok dubur
Pemeriksaan USG (Ultrasonografi) kelenjar prostat
Pemeriksaan kadar PSA (Prostat Spesific Antigen)

Pencegahan dapat dilakukan dengan memiliki pola hidup sehat yaitu dengan rajin mengkonsumsi banyak sayuran dan buah, kurangi makanan berlemak, hindari rokok dan alkohol, konsumsi makanan/minuman yang mengandung antioksidan dan omega 3. Selain itu dengan rajin berolahraga, banyak dokter mengamati bahwa pria bertubuh bugar jarang mengalami masalah prostat ketimbang mereka yang lebih banyak duduk. Jaga kesehatan dan jaga pola makan. Hidup sehat adalah jaminan masa depan. ST (Berbagai Sumber)

0 Komentar untuk "Kanker Prostat Ancaman untuk Pria"

Back To Top