9 Cara Menghilangkan Stress di Kantor

cara-menghilangkan-stress-di-kantor
Stress yang diderita oleh kebanyakan orang sering disangka berasal dari luar dirinya sendiri, padahal stress itu hanyalah beban pikiran yang terlalu berat dan tidak sempat untuk dilepaskan. Stress yang berkepanjangan bisa mengubah orang menjadi satu sosok yang sangat negatif, padahal untuk bisa sukses dan berhasil dibutuhkan suatu sikap mental yang positif.

Untuk mengatasi stres itu, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan tetapi berdampak sangat luar biasa bagi diri Anda dan orang lain. Tidak perlu biaya yang mahal dan tenaga yang banyak untuk bisa melepaskan stres dalam diri Anda. Beberapa cara menghilangkan stress di kantor yang bisa Anda lakukan adalah:

Beribadah.
Tuhan tidak pernah memberikan cobaan melebihi batas kemampuan umat-Nya. Dekatkan diri Anda pada Tuhan dan berdo'a, karena Tuhan adalah tempat mengadu yang paling baik. Dengan mendekatkan diri pada Tuhan, maka Anda akan merasa lebih tenang dan tingkat stress Anda bisa berkurang secara bertahap.

Makan coklat.
Cara paling simpel dan ampuh untuk menghilangkan stress di kantor adalah dengan mengkonsumsi coklat, karena coklat memiliki kandungan teobromin, fenetilamina, dan anandamida yang memiliki efek fisiologis terhadap tubuh. Menurut para ilmuan, kandungan zat tersebut banyak dihibungkan dengan kadar serotin dalam otak, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah Anda dan bisa membuat Anda merasa lebih rileks.

Curahkan isi hati
Segala sesuatu yang mengendap di dalam tubuh memang biasanya memiliki efek negatif. Sebaiknya curahkanlah segala keluh kesah kepada orang yang nyaman menurut Anda. Dengan mencurahkan isi hati dan keluh kesah Anda, maka Anda akan merasa lega karena setidaknya Anda menemukan seseorang untuk berbagi dengan Anda.

Tertawa
Tertawa bisa merangsang hormon endorfin atau lebih dikenal dengan hormon “bahagia”. Dengan tertawa, segala beban Anda akan terasa lebih ringan. Melihat video lucu, membaca buku humor atau bersenda gurau sesaat dengan rekan kerja dapat menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan stress di kantor.

Serius tapi santai
Luangkanlah sejenak waktu di kantor untuk bercanda atau melontarkan lelucon agar Anda tidak terlalu stres dan bisa memberi suasana yang ceria di kantor Anda. Namun sebaiknya ketika dibutuhkan keseriusan, maka Anda juga harus serius tapi tetap santai.

Dengarkan musik
Musik memang satu media yang mempunyai banyak manfaat bagi diri Anda. Dengarkan musik favorit Anda dan senandungkanlah dengan ceria agar tingkat stress dalam diri Anda bisa menurun, namun sebaiknya jangan terlalu keras agar tidak mengganggu rekan kerja Anda.

Eksplorasi hal baru
Anda perlu menemukan aktivitas baru dan menyenangkan dalam rutinitas harian Anda. Anda bisa bergabung dengan kelas menari, menjadi anggota pusat kebugaran, mengikuti kegiatan sosial, belajar melukis, maupun kegiatan lainnya. Anda juga bisa hanya melakukan sesuatu di bawah paparan sinar matahari selama membuat Anda bahagia. Lepaskan pikiran dari pekerjaan dan mulai melakukan sesuatu yang membuat Anda rileks

Hindari Rekan Kerja yang Stres
Cara menghilangkan stress di kantor juga bisa dilakukan dengan menghindari rekan kerja yang stress. Mungkin kita tidak menyadarinya, tetapi fisiologi kita diprogram sebagai cermin fisiologi orang di sekitar kita. Dengan kata lain, kita dapat menangkap stres yang dialami oleh orang lain dan juga ikut merasakannya

Berlibur
Cara yang satu ini memang membutuhkan waktu luang yang sangat banyak dan akomodasi yang cukup. Pilih tempat yang tenang, sejuk, dan banyak pepohonan segar yang siap untuk Anda pandangi. Alternatif lain, Anda bisa pergi ke pantai yang cukup sepi, dan teriaklah sekencang-kencangnya, naik gunung, berkemah, ataupun arung jeram. Buanglah segala penat dalam diri Anda dan kalau perlu hingga Anda mengeluarkan air mata.

Tetap semangat dan berpikir positif.

Tag : Karir
2 Komentar untuk "9 Cara Menghilangkan Stress di Kantor"

siippppp

Cara yang ke 10 : Pulaaaanggg... Ketemu anak-anak, pasti stress akan hilang seketika

Back To Top