8 Manfaat Menyanyi untuk Tetap Sehat

manfaat-bernyanyi-untuk-tetap-sehat
Menyanyi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan melantunkan kata-kata dengan nada yang beraturan, dilakukan ketika kita mendengarkan lagu atau alat musik yang sangat familier di telinga kita. Atau bahkan ketika kita sedang di kamar mandi..

Selain untuk menghibur diri ternayata kegiatan menyanyi juga berdampak positif untuk kesehatan. Beberapa manfaat menyanyi untuk tetap sehat yaitu :


Bernyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh.
Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Frankfurt, Jerman yang juga sudah diterbitkan di US Journal of Behavioral Medicine, disebutkan bahwa menyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Para peneliti melakukan tes darah pada anggota kelompok paduan suara profesional di Frankfurt. Tes darah dilakukan 60 menit sebelum dan sesudah latihan bernyanyi. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa konsentrasi imunoglobulin A, protein yang ada dalam sistem imun tubuh manusia yang berfungsi sebagai antibodi ternyata meningkat cukup signifikan selama latihan vokal berlangsung.

Bernyanyi baik untuk kesehatan jantung.
Berdasarkan penelitian Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi ternyata merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan. Graham yang telah 30 tahun meneliti manfaat menyanyi bagi kesehatan mengatakan bahwa bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Mengapa? Karena bernyanyi merupakan sebuah aktivitas aerobik yang mampu meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah di seluruh tubuh dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular (jantung).

Menjadikan Pernapasan Lebih Baik
Saat bernyanyi Anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernapas dengan lebih santai. Otot diafgragma akan melengkung ke bawah, paru-paru mengembang lebih lengkap. Otot perut yang lebih santai memungkinkan tubuh bernaps lebih aktif dan sehat.

Mengoksidasi darah
Ketika Anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernapas, volume oksigen yang mengaliri seluruh tubuh akan makin besar. Sel-sel tubuh yang dialiri oksigen berfungsi lebih baik dan menciptakan energi baru bagi pemiliknya.

Merangsang aktivitas otak
Bernyanyi memerlukan pemikiran. Saat bernyanyi, Anda perlu mengikuti lirik, melodi dan irama, serta kata-kata yang menghubungkannya dengan emosi. Saat bernyanyi udara akan banyak mengalir ke otak pada bagian neuron yang mengintegrasikan aktivitas fisik, emosional dan psikologis untuk merasa gembira.

Melepaskan hormon bahagia
Hormon endorfin yang dikeluarkan saat bernyanyi bermanfaat menciptakan rasa senang dan kebahagiaan dengan memicu saraf dan fisik. Suara indah Anda tidak hanya akan menghibur orang lain tetapi menciptakan rasa damai dan kebahagiaan.

Mengurangi stres
Ketika Anda merasa senang, tingkat stress menurun. Endorfin membantu mengurangi stres dan gelisah. Saat menyanyikan sebuah lagu dengan perasaan mendalam, tubuh bernapas lebih dalam dan memperlambat denyut jantung serta mengurangi kecemasan berlebihan. Saat stress, buang kepenatan dengan menyanyikan lagu-lagu kesukaan dan bergembiralah.

Meningkatkan memori dan kreatifitas
Bernyanyi membuat Anda sedikitnya harus membaca atau menghafal saat mempelajari melodi baru, lirik dan musik kompleks. Cara ini bagus merangsang wilayah otak yang terlibat dengan memori, belajar dan konsentrasi. Saat Anda membangun rasa percaya diri dan merangsang jiwa seni dengan bernyanyi secara bersamaan Anda juga menumbuhkan jiwa kreatif Anda. Anda akan keluar dari kotak dan menjadi seorang produktif dan inovatif.

Itulah manfaat menyanyi untuk tetap sehat. Selamat bernyanyi, semoga semakin sehat.(Dari berbagai sumber)


Tag : Tips Sehat
0 Komentar untuk "8 Manfaat Menyanyi untuk Tetap Sehat"

Back To Top