Manfaat Teh untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

manfaat-teh
Sudah banyak penelitian yang menyebutkan khasiat sehat dari minum teh. Salah satunya adalah kelebihan teh dalam menurunkan kadar gula darah.


Baru-baru ini Agricultural Research Service kembali melakukan riset tentang khasiat teh. Menurut peneliti, rutin minum teh mampu meningkatkan aktivitas insulin lebih dari 15 kali pada tikus percobaan laboratorium.

Bahkan apapun jenis teh yang dikonsumsi - teh hijau, teh hitam, atau teh oolong - memiliki efek yang sama bagi tubuh.

"Teh hijau dan teh oolong mengandung EGCG, sementara teh hitam memiliki tannin, theaflavin, dan EGCG juga. Semuanya berperan dalam meningkatkan aktivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah," terang peneliti seperti yang dikutip dari Mother Nature Network.

Penelitian lain dari Human Nutrition Research Center juga menemukan hasil serupa. Mereka bahkan melibatkan pasien diabetes tipe 2 di dalam penelitiannya.


Selama delapan minggu, penderita diabetes tepatnya diminta mengonsumsi enam cangkir teh sehari. Hasilnya, kadar gula mereka menurun sebanyak 15-20 persen. Jenis teh yang dikonsumsi adalah teh hijau dan teh hitam.(sumber :www.merdeka.com)
Tag : Dapur Sehat
0 Komentar untuk "Manfaat Teh untuk Menurunkan Kadar Gula Darah"

Back To Top