Kenali Penyakit Degeneratif dan Temukan Solusinya

penyakit-degeneratif
Penyakit degeneratif adalah istilah medis untuk menjelaskan suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Penyakit yang masuk dalam kelompok ini antara lain diabetes melitus, stroke, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, osteoporosis, dislipidemia dan sebagainya.



Dari berbagai hasil penelitian modern diketahui bahwa munculnya penyakit degeneratif memiliki korelasi yang cukup kuat dengan bertambahnya proses penuaan usia seseorang. Meskipun begitu faktor keturunan juga berperan cukup besar. Selain itu, makanan yang tak sehat  (seperti junk food dan gorengan dalam jumlah yang banyak) juga menjadi pemicu munculnya penyakit degeneratif tersebut.

Pencegahan
            Meskipun penyakit degeneratif seolah-olah include dengan bertambahnya usia, namun bukan berarti penyakit ini tidak dapat dicegah. Ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit degeneratif ini. Ketiga hal itu adalah melakukan pola makan yang sehat yaitu tidak makan makanan berlemak seperti junk food serta makanan berkolesterol lainnya, melakukan olahraga teratur, serta tidak merokok. Untuk kelompok dengan risiko tinggi yaitu orang dengan usia di atas 45 tahun, memiliki orang tua yang mengidap penyakit diabetes, serta memiliki berat badan berlebih, ketiga cara di atas harus ditambah dengan pemeriksaan kesehatan secara teratur. 

Jenis-jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain:
-          Panel Pemeriksaan DM 3 Bulanan; meliputi Gula Darah 2x dan HbA1C.
-          Panel Pemantauan DM 6 Bulanan; meliputi Gula Darah 2x, Cholesterol, HDL, LDL, Trigliserid, Rasio Cholesterol, HbA1C,MikroAlbumin, dan Tekanan Darah.
-          Panel Pemantauan DM 1 Tahunan; meliputi Gula Darah 2x, Ureum, Creatinin, Small Dense LDL, dan ECG.
-          Cholesterol Lengkap; meliputi Choleseterol Total, HDL, LDL, Trigliserid, dan Rasio Cholesterol.
-          Prediktor Penyakit Jantung Coroner; meliputi Small Dense LDL dan Hs-CRP.
-          Panel Hipertensi; meliputi Glukosa sewaktu, Ureum, Creatinin, Cholesterol, Trigliserid, Analisa Urin, dan Pemeriksaan Fisik.

0 Komentar untuk "Kenali Penyakit Degeneratif dan Temukan Solusinya"

Back To Top