Kenali HIV / AIDS


mengenal-HIV/AIDS
AIDS merupakan penyakit yang paling ditakuti.  AIDS atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome adalah menurunnya kekebalan tubuh seseorang yang disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini terdapat dalam cairan tubuh seseorang yang terinfeksi, seperti dalam darah, cairan sperma, cairan vagina, atau dalam ASI  ibu yang menyusui.  Orang yang mengidap AIDS akan  sangat mudah  tertular oleh  berbagai macam penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya telah menurun drastis.

Pola Penularan HIV

HIV dapat menular melalui hubungan seksual, jarum suntik/tindik/tato yang tidak steril dan dipakai bergantian, transfusi darah yang mengandung HIV, dan melalui ASI pada ibu pengidap HIV.  Dan HIV tidak ditularkan dengan berjabat tangan, bersentuhan, berpelukan, peralatan makan dan minum, maupun air kolam renang.

Pada saat seseorang terinfeksi HIV, maka diperlukan waktu 5-10 tahun untuk sampai ke tahap yang disebut sebagai AIDS.  Setelah HIV masuk ke dalam tubuh manusia, maka selama 2-4 bulan keberadaan HIV belum bisa  dideteksi dengan pemeriksaan darah. Tahap ini sering disebut sebagai periode jendela.  Dan jika HIV sudah dapat dideteksi, tahap ini disebut  sebagai  tahap HIV positif. Pada tahap ini, keadaan fisik yang bersangkutan tidak menunjukkan kelainan atau keluhan apa pun. Namun yang bersangkutan sudah dapat menularkan HIV kepada orang lain. 

Sejak masuknya HIV ke dalam tubuh seseorang, virus ini akan menggerogoti  sel darah putih  yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Dan dalam kurun 5-10 tahun, maka kekebalan tubuh akan menurun drastis dan masuk dalam tahap AIDS.

HIV merupakan suatu virus yang material genetiknya adalah RNA (Asam Ribonukleat) yang dibungkus oleh suatu matriks yang sebagian besar terdiri dari protein. Untuk bisa tumbuh, materi genetik ini perlu  diubah menjadi DNA (Asam Deoksiribonukleat), diintegrasikan ke dalam DNA inang, dan selanjutnya mengalami proses yang akhirnya akan menghasilkan protein. Protein-protein yang dihasilkan inilah yang akan membentuk virus-virus baru.

Obat-obatan yang telah ditemukan saat ini hanya  akan menghambat RNA menjadi DNA, dan menghambat pembentukan protein-protein aktif. Enzim yang membantu pengubahan RNA menjadi DNA disebut reverse transcriptase, sedangkan yang membantu pembentukan protein-protein aktif disebut protease. Dengan kata lain, obat-obatan yang ada saat ini hanya dapat menghambat pertumbuhan HIV, belum dapat menyembuhkan atau mengobati.

Pencegahan

Satu-satunya jalan untuk tidak tertular HIV adalah dengan langkah pencegahan, yaitu:

  • Tidak berganti-ganti pasangan seksual
  • Tidak menggunakan jarum suntik berulang
  • Melakukan skrining yang ketat kepada setiap pendonor darah
  • Tidak memberikan ASI pada bayi  jika ibu diketahui HIV positif.
Dan, untuk mengetahui apakah tubuh kita terbebas dari virus HIV, maka dibutuhkan pemeriksaan klinis yang dapat kita lakukan di Rumah Sakit atau Laboratorium Klinik.
Tag : Penyakit
0 Komentar untuk "Kenali HIV / AIDS"

Back To Top